Menghadapi dinamika pembangunan dengan potensi dan kendala yang terjadi di masyarakat, pengembangan masyarakat dan lingkungannya menjadi tidak mudah untuk diwujudkan. Untuk itu peran perguruan tinggi menjadi penting, karena melalui Tridharmanya Perguruan Tinggi wajib berperan serta dalam memecahkan permasalahan-permasalahan pembangunan. Universitas Pasundan dalam hal ini melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakatnya secara berkesinambungan membantu mengembangkan masyarakat secara luas, melalui kewajibannya melaksanakan Dharma ke tiga yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Penyatuan Program Pendidikan dan Penelitian serta pengembangannya, Universitas Pasundan memberikan kewenangan seluas-luasnya kepada Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM).

Berkenaan dengan Pengabdian Kepada Masyarakat telah banyak kegiatan  yang telah dilaksanakan baik berupa  :  Pemberdayaan/Pengembangan Masyarakat ( Community Development) Pendidikan dan Latihan (DIKLAT), Seminar, Lokakarya, Sosialisasi, Penyuluhan dan lain sebagainya. Untuk mencapai kualitas dan kuantitas kegiatan yang memadai LPM Unpas dibantu oleh sumber daya manusia (SDM) yang Profesional.

Namun demikian kerjasama yang erat antara lembaga memperkuat dalam percepatan serta optimalnya hasil-hasil yang dapat dicapai. Berkenaan dengan itu LPM Unpas membuka diri seluas-luasnya dalam hal kemitraan, agar pembangunan dapat dicapai sesuai dengan cita-cita bersama.