Pembahasan Penyusunan Naskah Akademik Penyelenggaraan Pendidikan di Provinsi Banten
May 15, 2018
Indonesia Pacific Parliamentary Partnership : Human Development and Maritime Sustainability
September 12, 2018

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT Usaha Sabun Herbal di Margacinta, Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung

Ringkasan
Saat ini tren kecantikan wanita memang semakin beragam, tidak hanya perawatan
wajah saja, namun juga perawatan tubuh secara menyeluruh, mulai dari cara yang
modern hingga
back to nature (alami/tradisional). Usaha sabun herbal di Kota Bandung
yang dikembangkan oleh Mitra 1 (Bydara) dan Mitra 2 (Marcin) adalah atas dasar
kebutuhan para wanita dalam merawat kecantikan dengan bahan-bahan yang alami.
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Usaha Sabun Herbal di Margacinta, Kota
Bandung. Mitra 1 adalah usaha sabun herbal “Bydara” untuk pangsa pasar menengah ke
atas, sedangkan Mitra 2 adalah usaha sabun herbal “Marcin” dengan komposisi yang
berbeda, membidik pangsa pasar menengah ke bawah.
Permasalahan yang ditemukan di kedua mitra cenderung sama, yaitu
terhambatnya proses legalitas izin usaha, kedua mitra belum mampu memunculkan ciri
khas produk dari sabun herbal yang diproduksinya, terutama di bagian kemasan.
Kemasan sabun herbal saat ini dapat dikatakan terlalu fabrikasi dan terlihat modern, tidak
sejalan dengan prinsip yang menonjolkan unsur tradisionalisme, dengan kata lain kedua
mitra memiliki keterbatasan kualifikasi keahlian SDM di bidang desain produk, dan juga
keterbatasan dalam bidang promosi online/offline untuk menjangkau pangsa pasar yang
lebih luas lagi. Permasalahan berikutnya adalah keterbatasan peralatan dan perlengkapan
produksi.
Langkah solusi yang sudah dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut
diantaranya adalah pendampingan proses legalitas izin usaha, peningkatan kapasitas
jumlah produksi membutuhkan penambahan peralatan dan perlengkapan proses
produksi, juga membutuhkan optimalisasi tenaga kerja (SDM), memfasilitasi kegiatan
promosi offline seperti pameran, dan promosi melalui media online (website dan
social
media
), pelatihan desain kemasan produk yang bisa menunjukkan ciri khas dari sabun
herbal tersebut.
Metode pelaksanaan yang telah dilakukan adalah pelatihan/workshop pembuatan
desain produk kemasan, dan pelatihan pemasaran/promosi secara online/offline. Selain
itu, fasilitasi proses legalitas izin usaha, fasilitasi tambahan bahan baku dan perlengkapan
produksi lainnya.
Keyword: PKM, Sabun Herbal

LPM Unpas
LPM Unpas
Universitas Pasundan (UNPAS) didirikan tanggal 14 November 1960 oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan di bawah Paguyuban Pasundan, yaitu suatu organisasi masyarakat terkemuka di Jawa Barat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia serta banyak bergerak di bidang pendidikan

Comments are closed.